Minggu, 26 Juli 2015

Memahami Alir Produksi Produk Multimedia 1

Alir proses Produksi Multimedia. Pada umumnya tahapan Pre-Production akan menyita waktu yang lama bahkan perbandingannya bisa mencapai 75 %
Image result for diagram alir proses produksi multimedia
Diagram alir proses produksi Multimedia

  Diagram alir proses Pre-Production.  Pada prinsipnya proses ini meliputi proses: penuangan ide (proposal) produk,  
  1. perencanaan produk, 
  2. perencanaan proses produksi, 
  3. penyusunan dokumentasi, 
  4.  penyusunan tim, 
  5.  membangun prototipe,  
  6. pengurusan hak cipta dan penendatangan kontrak  pembiayaan 

 Diagram alir proses Pre-Production.

Pada prinsipnya proses ini meliputi proses: penuangan ide (proposal) produk, 
  1. perencanaan produk,  
  2. perencanaan proses produksi, 
  3. penyusunan dokumentasi,  
  4. penyusunan tim,  
  5. membangun prototipe,  
  6. pengurusan hak cipta dan
  7. penendatangan kontrak  
  8. pembiayaan 

Proses kerja Pre Produksi :

Secara singkat praproduksi yaitu menentukan ide cerita kemudian mensketsakan beberapa adegan penting ke dalam bentuk naskah cerita.

Lalu dibuat Storyboard untuk menerjemahkan naskah menjadi cerita yg lebih mendetail. Dibuat Karakter tokoh & background awal. Lalu membuat Keyframe. 

Test Shot, yaitu sebuah rangkaian pendek gambar yg dirender dgn full color untuk memastikan teknik pergerakan dan renderingnya.

Sebelum proses cells animation sendiri dimulai, dibutuhkan konsep cerita yang harus dibuat dalam bentuk narasi .

Beberapa elemen yang perlu menjadi pertimbangan pra produksi
  1. Apakah tujuan dan pesan yang ingin disanpaikan? Dan apa essensinya 
  2. Siapa pemirsa yang akan di tuju? Siapa yang akan menjadi pengguna akhir dari karya ini?, seperti apa flat form pemutaran multimedia mereka?
  3. Apa keinginan klien? 
  4. atau membuat sesuatu yang sama sekali baru? 
  5. Apakah sarana yang menunjang untuk pembuatan proyek telah terpenuhi? 
  6. Mengventarisir perangkat lunak yang dibutuhkan. 
  7. Menginventarisir Orang yang terlibat serta pembagian job deskripsi 
  8. Membuat schedule kerja. 
  9. Merancanakan biaya yang dibutuhkan.
  10. Merencanakan pendistribusian hasil kerjqa. 
  11. Mengupdate hasil kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar